HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Salah Satu CPNS Calon Hakim Sosialisasikan Aplikasi Survey Kepuasan Masyarakat Berbasis Android

on Rabu, 11 April 2018. Posted in Berita

Aimadidi, Rabu, 11 April 2018. Bertempat di Ruang Mediasi, Rizka Fakhry Alfiananda, S.H. sebagai salah satu CPNS Calon Hakim pada Pengadilan Negeri Airmadidi mensosialisasikan Aplikasi Survey Kepuasan Masyarakat berbasis android kepada beberapa pejabat struktural dan pegawai di lingkungan pengadilan. Tujuan sosialisasi tersebut adalah untuk memperkenalkan aplikasi sekaligus pedoman penggunaannya sehingga dengan demikian dapat segera dilaksanakan uji coba untuk penggunaan aplikasi tersebut.

Pada awal pertemuan, Fakhry menjelaskan bahwa aplikasi survey kepuasan masyarakat untuk Pengadilan Negeri Airmadidi ini lahir dari adanya bantuan dari bapak Muhammad Fadly Syam dari Pengadilan Tinggi Manado yang pada Jumat, 6 April 2018 bersama bapak Dr. H. Lexsy Mamonto, S.H., M.H selaku Wakil Pengadilan Tinggi Manado berkunjung ke Pengadilan Negeri Airmadidi. Dalam diskusi singkat antara Fakhry dan bapak Muhammad Fadly Syam didapatkan kesimpulan bahwa pelaksanaan survey kepuasan masyarakat yang digunakan saat ini yaitu dengan menggunakan kotak survey kepuasan dan kotak saran tidak berjalan efektif. Selain metode yang tidak menarik bagi masyarakat, pelaksanaan survey kepuasan dengan cara konvensional tersebut menyita banyak waktu dan tenaga. Oleh karenanya diperlukan inovasi agar pelaksanaan survey kepuasan masyarakat dapat berjalan dengan efektif sehingga dapat segera ditindaklanjuti.

Aplikasi survey kepuasan masyarakat berbasis android tersebut menjadi sebuah solusi agar pelaksanaan survey kepuasan masyarakat dapat berjalan efektif. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat yaitu pengunjung pengadilan hanya cukup menekan tombol-tombol yang ada pada layar smartphone dengan dipandu oleh petugas yang bertanggungjawab melaksanakan survey. Aplikasi tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan beserta pilihan tingkat kepuasannya dan juga berisi kolom kosong untuk mengisi kritik dan saran. Output dari aplikasi tersebut adalah laporan yang sebelumnya telah diproses melalui sebuah aplikasi admin. Seluruh analisis data survey dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Aplikasi Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Rencananya akan dilakukan uji coba penggunaan aplikasi selama beberapa minggu ke depan sekaligus penyempurnaan terhadap aplikasi tersebut. Setelah dinyatakan siap, maka aplikasi tersebut akan mulai digunakan untuk survey. Terkait pelaporannya akan dilakukan secara berkala baik melalui papan pengumuman pengadilan maupun website pengadilan. Laporan tersebut akan menjadi dasar bagi pengadilan untuk memperbaiki kualitas pelayanan bagi masyarakat. (RFA)